Minggu, 28 November 2010

[ APLIKASI SIKLUS PRODUKSI ]


PENDAHULUAN

siklus manajemen sumber daya manusia meliputi fungsi yang berhubungan dengan jasa yang di berikan oleh sumber daya manusia suatu organisasi, yang sering juga di sebut buruh, tenaga kerja atau personalia.


HUBUNGAN SIKLUS DENGAN ORGANISASI

siklus manajemen jasa karyawan melibatkan interaksi sistem informasi personalia dan sistem informasi akuntasi.


PERSONALIA

manajemen personalia mempunyai tujuan utama, yaitu merencanakan, mengendalikan dan mengkordinasikan karyawan di dalam organisasi. fungsi prsonalia secara langsung berada dibawah
pengawasan wakil presiden personalia. diantara manajer,yang harus dilaporkan pada manajer puncak personalia adalah perencanaan pekerjaan dan personalia, sefty dan benefit hubungan industrial, pengembangan karyawan dan administrasi sumber daya manusia.


PEMROSESAN DATA

berikut ini uraian naratif dengan menggunakan angka refrensi yang di tempatkan bagan arus documen dan diagram arus data yaitu :
  1. penentuan status gaji/pembayaran. fungsi ini terjadi dalam departemen personalia, yakni seluruh tindakan dan perubaahan personalia disiapkan dan kemudian dikirimkan ke departemen gaji.
  2. pengukuran jasa yang diberikan catatan waktu /disiapkan dalam departemen operasional dan bidang pencatatan waktu.
  3. penyiapan cek gaji dalam departemen gaji, seoarang petugas menyiapkan sebuah cek gaji dan potongan voucer untuk setiap karyawan, berdasarkan data dari kartu jam kerja dan dari arsip referensi gaji karyawan tersebut.
  4. pengeluaran dan pendistribusian cek gaji setelah menerima satu salinan register gaji seseorang petugas hutang usaha memvertifikasi kebnenaranya dan meyiapkan sebuah voucer pengeluaran.
  5. pendistribusian biaya tenaga kerja sementara itu, seseorang petugas dalam departemen distribusi biaya mendistribusikan biaya-biaya tenaga kerja ke dalam berbagai perkerjaan.


FINANCE/ AKUNTANSI

fungsi akuntansi dalam perusahaan manufaktur yang terkait dengan siklus konversi bahan mentah menjadi barang jadi adalah akuntansi biaya (cost akuntansion) yang melkiputi :
1.pengumpulan dan perhitungan biaya produksi.
2.penentuan biaya standar dan analisis biaya.
3.perencanaan sistem akuntansi biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar