Minggu, 28 November 2010

[ SISITEM PEMPROSESAN DATA ELEKTRONIK ]


  • TRANSACTION PROCESSING SYSTEM (TPS)

Transaction processing system adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang di kembangkan untuk melakukan proses data-data dalam jumblah besar untuk transaksi rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukan data ke sistem secara manual.

Transaction processing system merupakn sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lingkungan exsternal. karena manajerr melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbarui informasi setiap menit mengenai
apa yang terjadi di perusahaan mereka. di mana hal ini sangat penting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem ini dapat berfungsi dengan benar dan tanpa interupsi sama sekali.



  • SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
Sistem informasi manajemen tidak menggantikan trnsaction processing sistem, melainkan semua SIM mencakup pengolahan transaksi. SIM adalah sistem informasi yang sudah terkomputerisasi yang bekerja karena adanya interaksi antara manusia dan komputer. dengan bantuan manusia, perangkat lunak dan perangkat keras agar berfungsi dengan baik. SIM mendukung spektrum tugas-tugas organisasi yang lebih luas dari transaction processing sistem , termasuk analisa keputusan dan pengambilan keputusan.

Untuk mengakses informasi, pengguna SIM membagi basis data biasa. basis data menyimpan data-data dan model yang membantu pengguna menginterpretasikan dan menrapkan data-data tersebut. SIM menghasilkan output informasi yang digunakan untuk membuat keputusan.SIM juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi. meski tidak berupa suatu struktur tunggal.



  • EXECUTIVE SUPORRT SISTEM (ESS)
Bila executive beralih ke computer, mereka sering mencari cara-cara yang bisa membantu mereka membuat keputusan pada tingkat strategis. ESS membantu para executive mengatur interaksi mereka dengan lingkungan external dengan menyediakan grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor. meskipun ESS tergantung pada informasi yang dihasilkan oleh TPS dan SIM, ESS membantu pengguna mengatasi problem keputusan yang tidak terstruktur, yang bukan aplikasi khusus.


Pemprosesan transaksi pada sistem informasi ada 3 macam yaitu Bath,Online dan Hybrid. adapun pengertian dari masing-masing proses adalah sebagai berikut :

1.Pemprosesan Bath> transaksi di tumpuk dulu dan kemudian di proses belakangan pada waktu tertentu misalnya pada waktu sore atau malam hari.kelemahan proses bath adalah membuat basis data tidak pernah dalam keadaan terkini, karena seringkali data transaksi yang terlambat di masukan ke dalam basis data.

2.Pemprosesan Online> biasa juga disebut real-time proses tidak ada penundaaan proses, setiap transaksi terjadi segera di bukukan. dengan demikian data selalu dalam keadaan mutakhir. sistem online sering juga disebut sistem interaktif, karena pengguna secara langsung berinteraksiu dengan komputer. komputer merespon sangat cepat biasanya per detik.

3.Pemprosesan hybrid> merupakan perpaduan kedua proses diatas. model sperti ini banyak dijumpai pada beberapa sistem POS (point of sale). data dimasukan seketika kedalam komputer ketika proses terjadi, tetapi pemprosesan lebih lanjut dilakukan pada malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar